SILABUS
NAMA SEKOLAH :
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA
KELAS / SEMESTER :IV / II
STANDAR KOPETENSI : 8. Memahami sifat bangun ruang sederhana dan hubungan antara bangun ruang .
Kopetensi dasar | Materi pokok / pembelajaran | Kegiatan pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi waktu | Sumber belajar | ||
Jenis | Betuk instrumen | Contoh instrumen | ||||||
8.1 menentukan sifat – sifat bangun ruang sederhana | Sifat – sifat bangun rung sederhana (bangun kubus atau balok) | - melakukan pengamatan terhadap model bangun ruang. - Mendiskusikan sifat sifat bangun ruang berdasar pengamatan (bangun kubus dan balok). - Membedakan sifat- sifat bangun kubus dan bangun balok - Menggambar bangun ruang sederhana berdasarkan sifat-sifatnya (bangunn kubus dan bangun balok). | Kognitif (produk) 1. Menyebutkan sifat sifat bangun ruang sederhana. 2. Membedakan sifat sifat bangun kubus dan bangun balok dengan benar Spikomotor Menggambar bangun ruang sesuai sifat sifat bangun ruang dengan benar. Afektif Melakukan diskusi meliputi bertanya, berpendapat dan kerjasama serta mendemonstrasikan dengan teliti dan tepat. | Tes tulis | Isian | Isilah titik-titik dibawah ini dengan benar! 1. Sisi pada kubus berbentuk ... | 1x35 menit | Buku matemati kelas IV hal 208. Karangan:- burhan mustaqim -Ary astuty Lks matematika kelas IV Alat; model bangun ruang |
Guru Kelas
......................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
NAMA SEKOLAH :
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA
KELAS / SEMESTER :IV / II
ALOKASI WAKTU : 1 X 35 menit
I. Standar Kopetensi :
8. Memahami sifat bangun ruang sederhana dan hubungan antara bangun ruang .
II. Kompetensi dasar :
8.1 menentukan sifat sifat bangun ruang
III. Indikator
Kognitif (produk)
1. Menyebutkan sifat sifat bangun ruang sederhana.
2. Membedakan sifat sifat bangun kubus dan bangun balok dengan benar
Spikomotor
Menggambar bangun ruang sesuai sifat sifat bangun ruang dengan benar.
Afektif
Melakukan diskusi meliputi bertanya, berpendapat dan kerjasama serta mendemonstrasikan dengan teliti dan tepat.
IV. Tujuan pembelajaran
Kognitif (produk)
1. Melalui pengamatan, siswa dapat menyebutkan sifat sifat bangun ruang dengan benar.
2. Melalui pengamatan, siswa dapat membedakan sifat sifat bangun kubus dan bangun balok dengan benar.
Spikomotor
1. Melalui hasil pengamatan, siswa dapat menggambar bangun kubus dengan benar
2. Melalui hasil pengamatan, siswa dapat menggambarkan bangun balok dengan benar
Afektif
1. Terlibat dalam kegiatan belajar mengajar yang berpusat pada siswa sehingga siswa melalui diskusi dapat bertanya, berpendapat dan kerja sama serta mendemonstrasikan dengan teliti dan tepat
V. Materi pembelajaran
Materi pokok : bangun ruang (kubus dan balok)
Uarian singkat materi:
- Nama-nama bangun ruang : kubus, balok, kerucut dan tabung
- Sifat – sifat kubus :
Memiliki 8 titik sudut
Memiliki 12 rusuk yang sama panjang
Memiliki 6 sisi sama yang berbentuk persegi
- Sifat-sifat balok :
Memiliki 8 titik sudut
Memiliki 12 rusuk yang sama panjang
Memiliki 6 sisi dan sisi yang berhadapat sama luasnya
kubus
Balok
VI. Model dan metodepembelajaran
Model pembelajaran : kooperatif
Metode : ceramah, pengamatan, tanya jawab, diskusi, pemberian tugas
VII. Langkah – langkah pembelajaran
No | Kegiatan pembelajaran | pengorganisasian | |
Siswa | waktu | ||
1 2 3 | Kegiatan awal Apersepsi Tanya jawab nama benda yang ada di dalam kelas (fase 1). Sebutkan benda-benda yang termasuk bangun ruang ! Memfokuskan perhatian siswa pada bangun kubus dan balok misal: guru memperlihatkan kubus sambil menanyakan ‘ ini bangun apa?’ Menyampaikan tujuan pembelajaran melalui pengamatan diharapkan siswa dapat : - Menyebutkan nama-nama bangun ruang. - Menyebutkan sifat bangun kubus dan balok. - Membedakan sifat bangun kubus dan balok. - Menggambar bangun kubus dan balok Kegiatan inti - Dengan bimbingan guru, siswa dibagi 3 kelompok - Guru membagi LK tentang sifat bangun kubus dan balok (fase 2) - Siswa diberi kesempatan untuk mempelajari LK dan dilanjutkan diskusi kelompok - Siswa mencatat hasil diskusi untuk di presentasikan - Masing –masing kelompok memprensentasikan hasil diskusi kelompok , kelompok lain menanggapi/ melengkapi (fae 3). - Melalui diskusi kelas, siswa menyimpulkan hasil diskusi sebagai jawaban permasalahan yang ada pada kegiatan awal. - Siswa mencatat hasil kesimpulan (fase 4). - Dengan bimbingan guru, siswa menggambar bangun kubus dan balok (fase 5). - Siswa memajang hasil kerja siswa Kegiatan Akhir - Memberikan kesempatan kepada siswa bertanya tentang hal hal yang belum jelas terkait dengan materi. - Guru memberi penghargaan kepada siswa atas hasil kerja kelompok - Evaluasi (lembar evaluasi terlampir) (fase 6) - Pembahasan evaluasi - Tindak lanjut Memberi PR : gambarlah sebuah kubus dan balok. | Klasikal Klasikal Klasikal Kelompok Kelompok Kelompok Klasikal Klasikal Individu Individu Kelompok Klasikal Kelompok Individu Klasikal Individu | 5 menit 25 menit 5 menit |
VIII. Alat / media dan sumber belajar
1. Alat / media : model bangun ruang kubus, balok, tabung, bola dan kerucut
Lks matematika kelas IV
IX. Penilaian
- Prosedur : tes, penilaian proses
- Tehnik : tertulis
- Bentuk : isian
- Instrumen : lembar evaluasi, lebar LK , lebar pengamatan (terlampir)
LEMBAR KERJA
JUDUL KEGIATAN : mengamati bangun kubus dan balok
TUJUAN : menyebutkan sifat – sifat bangun kubus dan balok
Membedakan sifat-sifat bangun kubus dan balok
WAKTU : 10 menit
HARI/TANGGAL : -------------
A. Alat dan Bahan
Kubus, balok, tabung, kerucut dan bola
B. Langkah-langkah Kegiatan
1. Amatilah bangun-bangun ruang yang tersedia, kemudian diskusikan sacara kelompok.
Apa bangun itu ?
Tulislah huruf pada kolom yang sesuai dengan bangun ruang tersebut secara benar !
No | Huruf | Nama bangun |
1 2 3 4 5 | A B C D E | |
2. Manakah dari bangun tersebut yang dinamakan kubus dan balok ?
3. Bagaimanakah sifat-sifat kedua bangun tersebut ?
C. Kesimpulan
|
LAPORAN HASIL PENGAMATAN
MATA PELAJARAN : Matematika
KEGIATAN : Mengamati bangun kubus dan balok
HARI / TANGGAL : -----------------
NAMA KELOMPOK : -----------------
Hasil :
1.
No | Huruf | Nama bangun |
1 2 3 4 5 | A B C D E | |
2. .................
3. .................
Kesimpulan
|
LEMBAR PENGAMATAN
NO | Nama Siswa | Aspek yang Dinilai | Skor | Nilai Akhir | ||
Kerja sama | Keaktifan | ketepatan | ||||
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 | | 1-3 | 1-3 | 1-3 | | |
|
|
Kerja sama 1-3
Baik : 3
Sedang : 2
Kurang : 1
|
Skor maximal
KISI - KISI
No | Indikator | Tujuan | Soal – soal | Ranah | Jawaban | Butir soal | Skor |
1 2 | Menyebutkan sifat-sifat bangun ruang sederhana Membedakan sifat-sifat bangun kubus dan balok dengan benar | Siswa dapat menyebutkan sifat-sifat bangun ruang dengan benar Melalui pengamatan siswa dapat membedakan sifat-sifat bangun kubus dan bangun balok dengan benar | - Bangun ruang disamping bernama - Banyaknya sisi pada bangun kubus adalah... - Sisi pada bangun kubus berbentuk - Banyaknya rusuk pada kubus adalah - Nama bangun disamping adalah - Nama bangun disamping adalah - Banyaknya rusuk pada bangun balok adalah.. - Bangun balok mempunyai titik sudut sebanyak..... - Bangun balok mempunyai .... . pasang sisi sama dan sejajar. - Bangun kubus sisinya berbentuk ..... dan bangun balok sisinya berbentuk ..... | C1 C2 C2 C2 C1 C1 C1 C2 C2 C3 | Kubus 5 sisi Persegi 12 rusuk Tabung Balok 12 rusuk 8 titik sudut 2 pasang Persegi dan persegi panjang | 1 2 3 4 5 7 8 9 10 6 | 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 |
SOAL EVALUASI
Isilah titik – titik di bawah ini dengan jawaban yang benar !
1. Bangun ruang disamping bernama.....
2. Banyaknya sisi pada bangun kubus adalah...
3. Sisi pada bangun kubus berbentuk.....
4. Banyaknya rusuk pada kubus adalah....
5. Nama bangun disamping adalah....
6. Nama bangun disamping adalah.....
7. Banyaknya rusuk pada bangun balok adalah..
8. Bangun balok mempunyai titik sudut sebanyak.....
9. Bangun balok mempunyai .... . pasang sisi sama dan sejajar.
10. Bangun kubus sisinya berbentuk ..... dan bangun balok sisinya berbentuk .....
KUNCI JAWABAN SOAL EVALUASI
1. Kubus
2. 5 sisi
3. Persegi
4. 12 rusuk
5. Tabung
6. Balok
7. 12 rusuk
8. 8 titik sudut
9. 2 pasang
10. Persegi dan persegi panjang
Skor maxsimal 10
Bila dijawab benar diberi skor 1
Banyak 10
|
Skor maximal
MEDIA PEMBELAJARAN
BANGUN RUANG
|
| ||||||||||||
| |||||||||||||
| |||||||||||||
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar