Tolong Klik

Sabtu, 27 Agustus 2011

RENCANA PEMBELAJARAN UNTUK SEKOLAH DASAR


  SILABUS
NAMA SEKOLAH               :
MATA PELAJARAN            : MATEMATIKA
KELAS / SEMESTER           :IV / II
STANDAR KOPETENSI      : 8. Memahami sifat bangun ruang sederhana dan hubungan antara bangun ruang .
Kopetensi dasar
Materi pokok / pembelajaran
Kegiatan pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber belajar
Jenis
Betuk instrumen
Contoh instrumen
8.1  menentukan sifat – sifat bangun ruang sederhana
Sifat – sifat bangun rung sederhana (bangun kubus atau balok)
-          melakukan pengamatan terhadap model bangun ruang.
-          Mendiskusikan sifat sifat bangun ruang berdasar pengamatan (bangun kubus dan balok).
-          Membedakan sifat- sifat bangun kubus dan bangun balok
-          Menggambar bangun ruang sederhana berdasarkan sifat-sifatnya (bangunn kubus dan bangun balok).
Kognitif (produk)
1.      Menyebutkan sifat sifat bangun ruang sederhana.
2.      Membedakan sifat sifat bangun kubus dan bangun balok dengan benar

Spikomotor
Menggambar bangun ruang sesuai sifat sifat bangun ruang dengan benar.

Afektif
Melakukan diskusi meliputi bertanya, berpendapat dan kerjasama serta mendemonstrasikan dengan teliti dan tepat.
Tes tulis
Isian
Isilah titik-titik dibawah ini dengan benar!
1.      Sisi pada kubus berbentuk ...
1x35 menit
Buku matemati kelas IV hal 208.
Karangan:- burhan mustaqim
-Ary astuty
Lks matematika kelas IV
Alat; model bangun ruang

Guru Kelas


...................... 



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
NAMA SEKOLAH              
MATA PELAJARAN            : MATEMATIKA
KELAS / SEMESTER           :IV / II
ALOKASI WAKTU              : 1 X 35 menit

       I.            Standar Kopetensi     :
 8. Memahami sifat bangun ruang sederhana dan hubungan antara bangun ruang .
    II.            Kompetensi dasar      :
8.1 menentukan sifat sifat bangun ruang
 III.            Indikator  
Kognitif  (produk)
1.      Menyebutkan sifat sifat bangun ruang sederhana.
2.      Membedakan sifat sifat bangun kubus dan bangun balok dengan benar

Spikomotor
Menggambar bangun ruang sesuai sifat sifat bangun ruang dengan benar.

Afektif
Melakukan diskusi meliputi bertanya, berpendapat dan kerjasama serta mendemonstrasikan dengan teliti dan tepat.
 IV.            Tujuan pembelajaran
Kognitif (produk)
1.      Melalui pengamatan, siswa dapat menyebutkan sifat sifat bangun ruang dengan benar.
2.      Melalui pengamatan, siswa dapat membedakan sifat sifat bangun kubus dan bangun balok dengan benar.

Spikomotor
1.      Melalui hasil pengamatan, siswa dapat menggambar bangun kubus dengan benar
2.      Melalui hasil pengamatan, siswa dapat menggambarkan bangun balok dengan benar
Afektif
1.      Terlibat dalam kegiatan belajar mengajar yang berpusat pada siswa sehingga siswa melalui diskusi dapat bertanya, berpendapat dan kerja sama serta mendemonstrasikan dengan teliti dan tepat

    V.            Materi pembelajaran
Materi pokok : bangun ruang (kubus dan balok)
Uarian singkat materi:
-          Nama-nama bangun ruang : kubus, balok, kerucut dan tabung
-          Sifat – sifat kubus :
Memiliki 8 titik sudut
Memiliki 12 rusuk yang sama panjang
Memiliki 6 sisi sama yang berbentuk persegi
-          Sifat-sifat balok :
Memiliki 8 titik sudut
Memiliki 12 rusuk yang sama panjang
Memiliki 6 sisi dan sisi yang berhadapat sama luasnya






kubus


 



Balok



 VI.            Model dan metodepembelajaran
Model pembelajaran : kooperatif
Metode : ceramah, pengamatan, tanya jawab, diskusi, pemberian tugas

VII.            Langkah – langkah pembelajaran
No
Kegiatan pembelajaran
pengorganisasian
Siswa
waktu
1



















2























3


Kegiatan  awal
Apersepsi
Tanya jawab nama benda yang ada di dalam kelas (fase 1).
Sebutkan benda-benda yang termasuk bangun ruang !

Memfokuskan perhatian siswa pada bangun kubus dan balok misal: guru memperlihatkan kubus sambil menanyakan ‘ ini bangun apa?’

Menyampaikan tujuan pembelajaran melalui pengamatan diharapkan siswa dapat :
-          Menyebutkan nama-nama bangun ruang.
-          Menyebutkan sifat bangun kubus dan balok.
-          Membedakan sifat bangun kubus dan balok.
-          Menggambar bangun kubus dan balok

Kegiatan inti
-          Dengan bimbingan guru, siswa  dibagi 3 kelompok
-          Guru membagi LK tentang  sifat bangun kubus dan balok (fase 2)
-          Siswa diberi kesempatan untuk mempelajari LK dan dilanjutkan diskusi kelompok
-          Siswa mencatat hasil diskusi untuk di presentasikan
-          Masing –masing kelompok memprensentasikan hasil diskusi kelompok , kelompok lain menanggapi/ melengkapi (fae 3).
-          Melalui diskusi kelas, siswa menyimpulkan hasil diskusi sebagai jawaban permasalahan yang ada pada kegiatan awal.
-          Siswa mencatat hasil kesimpulan (fase 4).
-          Dengan bimbingan guru, siswa menggambar bangun kubus dan balok (fase 5).
-          Siswa memajang hasil kerja siswa

 Kegiatan Akhir
-          Memberikan kesempatan kepada siswa bertanya tentang hal hal yang belum jelas terkait dengan materi.
-          Guru memberi penghargaan kepada siswa atas hasil kerja kelompok
-          Evaluasi (lembar evaluasi terlampir) (fase 6)
-          Pembahasan evaluasi
-          Tindak lanjut
Memberi PR : gambarlah sebuah kubus dan balok.


Klasikal




Klasikal



Klasikal









Kelompok



Kelompok


Kelompok

Klasikal



Klasikal



Individu
Individu


Kelompok


Klasikal


Kelompok

Individu

Klasikal

Individu 
5 menit



















25 menit























5 menit









VIII.            Alat / media dan sumber belajar
1.      Alat / media : model bangun ruang kubus, balok, tabung, bola dan kerucut
2.        Sumber belajar : Buku matemati kelas IV hal 208. Karangan: Burhan Mustaqim dan Ary Astuty
Lks matematika kelas IV

 IX.            Penilaian
-          Prosedur          : tes, penilaian proses
-          Tehnik             : tertulis
-          Bentuk                        : isian
-          Instrumen        : lembar evaluasi, lebar LK , lebar pengamatan (terlampir)


LEMBAR  KERJA

JUDUL KEGIATAN           : mengamati bangun kubus dan balok
TUJUAN                               : menyebutkan sifat – sifat bangun kubus dan balok
Membedakan sifat-sifat bangun kubus dan balok
WAKTU                                : 10 menit
HARI/TANGGAL                : -------------

A.    Alat dan Bahan
Kubus, balok, tabung, kerucut dan bola
B.     Langkah-langkah Kegiatan
1.      Amatilah bangun-bangun ruang yang tersedia, kemudian diskusikan sacara kelompok.
Apa bangun itu ?
Tulislah huruf pada kolom yang sesuai dengan bangun ruang tersebut secara benar !
No
Huruf
Nama bangun
1
2
3
4
5
A
B
C
D
E


2.      Manakah dari bangun tersebut yang dinamakan kubus dan balok ?
3.      Bagaimanakah sifat-sifat kedua bangun tersebut ?
C.    Kesimpulan







LAPORAN  HASIL  PENGAMATAN

MATA PELAJARAN                        : Matematika
KEGIATAN                           : Mengamati bangun kubus dan balok
HARI / TANGGAL               : -----------------
NAMA KELOMPOK                        : -----------------

Hasil :
1.       
No
Huruf
Nama bangun
1
2
3
4
5
A
B
C
D
E


2.      .................
3.      .................

Kesimpulan



 
 














LEMBAR  PENGAMATAN

NO
Nama Siswa
Aspek yang Dinilai
Skor
Nilai Akhir
Kerja sama
Keaktifan
ketepatan
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10

1-3
1-3
1-3



Ketepatan 1-3
Sangat tepat    : 3
tepat                : 2
Kurang tepat   : 1
 
Keaktifan 1-3
Sangat aktif     : 3
Aktif               : 2
Kurang Aktif  : 1
 
Rubik Penilaian                                                                                                            
Kerja sama      1-3
Baik                 : 3
Sedang                        : 2
Kurang                        : 1


X  100
 
Nilai    Akhir               =  skor perolehan
Skor maximal 











KISI  -  KISI
No
Indikator
Tujuan
Soal – soal
Ranah
Jawaban
Butir soal
Skor
1

















2
Menyebutkan sifat-sifat bangun ruang sederhana














Membedakan sifat-sifat bangun kubus dan balok dengan benar
Siswa dapat menyebutkan sifat-sifat bangun ruang dengan benar














Melalui pengamatan siswa dapat membedakan sifat-sifat bangun kubus dan bangun balok dengan benar
-          Bangun ruang disamping bernama
-          Banyaknya sisi pada bangun kubus adalah...
-          Sisi pada bangun kubus berbentuk
-          Banyaknya rusuk pada kubus adalah
-          Nama bangun disamping adalah
-          Nama bangun disamping adalah
-          Banyaknya rusuk pada bangun balok adalah..
-          Bangun balok mempunyai titik sudut sebanyak.....
-          Bangun balok mempunyai .... . pasang sisi sama dan sejajar.



-          Bangun kubus sisinya berbentuk ..... dan bangun balok sisinya berbentuk .....
C1

C2

C2
C2

C1
C1
C1

C2

C2




C3
Kubus

5 sisi

Persegi
12 rusuk

Tabung
Balok
12 rusuk

8 titik sudut

2 pasang




Persegi dan persegi panjang
1

2

3
4

5
7
8

9

10




6
1

1

1
1

1
1
1

1

1




1


SOAL   EVALUASI

Isilah titik – titik di bawah ini dengan jawaban yang benar !


 

1.                                Bangun ruang disamping bernama.....

2.      Banyaknya sisi pada bangun kubus adalah...
3.      Sisi pada bangun kubus berbentuk.....
4.      Banyaknya rusuk pada kubus adalah....


 

5.                                   Nama bangun disamping adalah....



 

6.                                          Nama bangun disamping adalah.....

7.      Banyaknya rusuk pada bangun balok adalah..
8.      Bangun balok mempunyai titik sudut sebanyak.....
9.      Bangun balok mempunyai .... . pasang sisi sama dan sejajar.
10.  Bangun kubus sisinya berbentuk ..... dan bangun balok sisinya berbentuk .....







KUNCI JAWABAN SOAL EVALUASI

1.      Kubus
2.      5 sisi
3.      Persegi
4.      12 rusuk
5.      Tabung
6.      Balok
7.      12 rusuk
8.      8 titik sudut
9.      2 pasang
10.  Persegi dan persegi panjang

Skor maxsimal 10
Bila dijawab benar diberi skor 1
Banyak 10
X  100
 
Nilai    Akhir               =  skor perolehan
Skor maximal 









MEDIA  PEMBELAJARAN

BANGUN RUANG





















KUBUS
 

BALOK
 



TABUNG
 


KERUCUT
 




BOLA
 
 






Tidak ada komentar:

Poskan Komentar