Tolong Klik

Sabtu, 27 Agustus 2011

RENCANA PEMBELAJARAN UNTUK ANAK TK


Rencana Kegiatan Pembelajaran

Kelompok       : B
Semester          : 1/13
Tema / sub       :Binatang / Unggas
Hari /tanggal   : rabu
Waktu             : 07.30 – 10.00

Indikator
·         Melaksanakan ibadah sesuai dengan keyakinannya . (nam 9)
·         Berbicara dengan sopan (nam 11)
·         Menggunakan dan dapat menjawab apa, di mana, berapa, tentang unggas. (bahasa 7)
·         Menyebutkan dan menceritakan perbedaan ayam dan itik (K 3)
·         Mengendalikan emosi dengan cara yang wajar (S 8)
·         Merayap dan merangkak dengan berbagai variasi (F 7)
Tujuan
·         Menumbuhkansikap perilaku yang baik.
·         Dengan bimbingan guru anak dapat berbicara dengan sopan.
·         Dengan bimbingan guru anak dapat menjawab pertanyaan tentang ayam dan itik.
·         Dengan bimbingan guru anak dapat menceritakan perbedaan ayam dan itik
·         Dengan bimbingan guru anak dapat mengendalikan emosi dengan cara yang wajar
·         Dengan bimbingan guru anak dapat merayap dan merangkak menirukan jalannya ayam.
Langkah – langkah
                   I.            Kegiatan sebelum masuk.
·         Anak yang datang berjabat tangan, dengan guru – guru dan teman – temannya sambil mengucapkan salam, lalu anak – anakmenyimpan tasnya di loker.
·         Sebelum masuk anak – anak berbaris dulu
·         Kegiatan awal, membaca do’a dan salam , kemudian guru bercakap – cakap tentang ayam dan itik (binatang unggas) yang di lanjutkan dengan menyanyi.
                II.            Kegiatan inti.
·         Guru menjelaskan tugas yang akan di laksanakan oleh anak – anak kemudian di bagi 3 kelompok :
Kelompok I    
-          Anak duduk ditempat yang telah disediakan
-          Satu persatu anak di beri gambar ayam
-          Anak mewarnai gambar ayam dengan crayon
-          Setelah selesai mewarnai anak di minta menceritakan hewan yang ada di gambar (ayam)
Kelompok II  
-          Anak duduk di tempat yang telah di sediakan.
-          Satu persatu anak diberikan gambar itik
-          Anak mewarnai gambar itik dengan crayon
-          Setelah selesai mewarnai gambar itik anak di minta menceritakan  hewan yang ada di dalam gambar (itik)
Kelompok III 
-          Anak  duduk di tempat yang telah di sediakan
-          guru memberi tugas merayap dan merangkak menirukan jalannya ayam
-          merayap dan  merangkak menirukan jalannya ayam dengan bimbingan guru.
-          Setelah mengerjakan tugas yang diberikan guru , anak diminta menampilkan jalannya ayam didepan kelas dengan di ikuti oleh keman kelompok.
·         Waktu pemilihan kelompok anak di beri kebebasan untuk memilih kelompoknya dengan membatasi jumlah anggota tiap kelompok.
·         Anak diarahkan pada kegiatan yang di sukai, anak tidak harus menyelesaikan semua tugas yang di programkan guru, tetapi guru tetap memotivasi anak dengan dapat menyelesaikan semua tugas.
·         Waktu menyelesaikan tugas dalam satu kelompok tidak di batasi dan dapat berpindah ke kelompok lain, asalkan ada tempat yang kosong.
·         Guru menyimpulkan perbedaan ayam dan itik.
             III.            Istirahat (30 menit)
Anak – anak di ajak cuci tangan, berdoa sebelum makan kemudian bermain.
             IV.            Penutup (30 menit)
·         Bercakap – cakap 3 kegiatan tadi dari awal sampai terakhir di teruskan dengan menyanyi .
·         Kemudian do’a pulang dan berjabat tangan dengan guru.
Guru Kelompok B



 
RENCANA KERJA HARIAN
Kelompok                       : B                                          
Semester / minggu          : 1/13
Tema / Subtema              : binatang / unggas                                         
Hari / Tanggal                 : rabu
Waktu                             : 07.00 – 10.00
INDIKATOR
KEGIATAN PEMBELAJARAN
ALAT
SUMBER BELAJAR
PENILAIAN PERKEMBANGAN
ALAT TEKNIK
HASIL
·         Melaksanakan ibadah sesuai dengan keyakinannya . (nam 9)
·         Berbicara dengan sopan (nam 11)
·         Menggunakan dan dapat menjawab apa, di mana, berapa, tentang unggas. (bahasa 7)
·         Menyebutkan dan menceritakan perbedaan ayam dan itik (K 3)
·         Mengendalikan emosi dengan cara yang wajar (S 8)
·         Merayap dan merangkak dengan berbagai variasi (F 7)

Berbaris 
I.        Kegiatan awal
·         Berdoa / salam
·         Absensi
·         bernyanyi
II.       Kegiatan inti.
·         Anak mewarnai gambar ayam dan itik dengan crayon
·         menceritakan  perbedaan ayam dan itik
·         Pemberian tugas merayap dan  merangkak menirukan jalannya ayam
III.    Istirahat (30 menit)
cuci tangan, berdoa makan, bermain.
IV.    Kegiatan akhir (30 menit)
·         menjawab pertanyaan tentang apa saja kegiatan sehari.
·         do’a pulang









crayon, gambar ayam dan itik








Lembar observasi




Unjuk karya








Lembar observasi

Guru Kelompok B





Format Observasi

Nama Anak                             :
Kelompok                               : B
Indikator                                 : Merayap dan  merangkak dengan berbagai variasi (F 7)
Semester / tahun ajaran           : I tahun 2011 - 2012
No
Tanggal
Kegiatan pembelajaran
Aspek yang di nilai
Hasil pengamatan


merayap dan  merangkak  menirukan  jalannya ayam

·         Keberanian
·         Ekspresi







Format unjuk kerja

Nama Anak                             :
Kelompok                               : B
Indikator                                 : Menyebutkan dan menceritakan perbedaan ayam dan itik (K 3)
Semester / tahun ajaran           : I tahun 2011 - 2012
No
Tanggal
Kegiatan pembelajaran
Aspek yang di nilai
Hasil unjuk kerja anak











  
Rencana Kegiatan Pembelajaran

Kelompok       : B
Semester          : 1/13
Tema / sub       :Binatang / Unggas
Hari /tanggal   : sabtu
Waktu             : 07.30 – 10.00

Indikator
·         Menghormati perayaan hari besar agama lain (HAM  23)
·         Menghubungkan / memasangkan lambang bilangan dengan benda sampai 20 (K  42)
·         Menghubungkan  tulisan ayam dengan  gambar ayam, tulisan  itik dengan gambar  itik (K 32)
·         Menghargai keunggulan  teman / orang  lain (S 29)
·         Meniru membuat garis tegak, datar miring, lingkaran pada gambar ayam  (F  29)
·         Membuat gambar angsa dari kardus  (F  35)

Tujuan
·         Menumbuhkansikap perilaku yang baik.
·         Dengan bimbingan guru anak dapat Menghubungkan / memasangkan  lambang bilangan dengan benda sampai 20
·         Dengan bimbingan guru anak dapat Menghubungkan  tulisan ayam  dengan  gambar ayam, tulisan  itik dengan gambar  itik.
·         Dengan bimbingan guru anak dapat Menghargai keunggulan  teman / orang  lain
·         Dengan bimbingan guru anak dapat Meniru membuat garis tegak, datar miring, lingkaran pada gambar ayam 
·         Dengan bimbingan guru anak dapat Membuat gambar angsa dari kardus 

Langkah – langkah
                   I.            Kegiatan sebelum masuk.
·         Anak yang datang berjabat tangan, dengan guru – guru dan teman – temannya sambil mengucapkan salam, lalu anak – anakmenyimpan tasnya di loker.
·         Sebelum masuk anak – anak berbaris dulu
·         Kegiatan awal, membaca do’a dan salam , kemudian guru bercakap – cakap tentangmateri pelajaran yang akan diajarkan.
                II.            Kegiatan inti.
·         Guru menjelaskan tugas yang akan di laksanakan oleh anak – anak kemudian di bagi 4 kelompok :
Kelompok I    
-          Anak duduk ditempat yang telah disediakan
-          Guru memberikan tugas Menghubungkan / memasangkan lambang bilangan dengan benda sampai 20
Kelompok II  
-          Anak duduk di tempat yang telah di sediakan.
-          Guru memberikan  tugas Menghubungkan  tulisan ayam dengan  gambar ayam, tulisan  itik dengan gambar  itik
Kelompok III 
-          Anak  duduk di tempat yang telah di sediakan
-          guru memberikan tugas Meniru membuat garis tegak, datar  miring, lingkaran pada gambar  ayam 
Kelompok IV
-          Anak duduk di tempat yang telah disediakan
-          Guru memberikan tugas Membuat gambar angsa dari kardus 

·         Waktu pemilihan kelompok anak di beri kebebasan untuk memilih kelompoknya dengan membatasi jumlah anggota tiap kelompok.
·         Anak diarahkan pada kegiatan yang di sukai, anak tidak harus menyelesaikan semua tugas yang di programkan guru, tetapi guru tetap memotivasi anak dengan dapat menyelesaikan semua tugas.
·         Waktu menyelesaikan tugas dalam satu kelompok tidak di batasi dan dapat berpindah ke kelompok lain, asalkan ada tempat yang kosong.

             III.            Istirahat (30 menit)
Anak – anak di ajak cuci tangan, berdoa sebelum makan kemudian bermain.

             IV.            Penutup (30 menit)
·         Bercakap – cakap 4 kegiatan tadi dari awal sampai terakhir di teruskan dengan menyanyi .
·         Kemudian do’a pulang dan berjabat tangan dengan guru.
Guru Kelompok B















RENCANA KERJA HARIAN
Kelompok                       : B                              
Semester / minggu          : 1/13
Tema / Subtema              : binatang / unggas                                         
Hari / Tanggal                 : senin
Waktu                             : 07.00 – 10.00
INDIKATOR
KEGIATAN PEMBELAJARAN
ALAT
SUMBER BELAJAR
PENILAIAN PERKEMBANGAN
ALAT TEKNIK
HASIL
·         Menghormati perayaan hari besar agama lain (HAM  23)
·         Menghubungkan / memasangkan lambang bilangan dengan benda sampai 20 (K  42)
·         Menghubungkan  tulisan ayam dengan  gambar ayam, tulisan  itik dengan gambar  itik (K 32)
·         Menghargai keunggulan  teman / orang  lain (S 29)
·         Meniru membuat garis tegak, datar  miring, lingkaran pada gambar  ayam  (F  29)
·         Membuat gambar angsa dari kardus  (F  35)

Berbaris 
I.        Kegiatan awal
·         Berdoa / salam
·         Absensi
·         bernyanyi
II.       Kegiatan inti.
·         Pemberian tugas Menghubungkan / memasangkan lambang bilangan dengan benda sampai 20
·         Pemberian tugas Menghubungkan  tulisan ayam dengan  gambar ayam, tulisan  itik dengan gambar  itik
·         Pemberian tugas Meniru membuat garis tegak, datar  miring, lingkaran pada gambar  ayam 
·         Pemberian tugas Membuat gambar angsa dari kardus 
III.    Istirahat (30 menit)
cuci tangan, berdoa makan, bermain.
IV.    Kegiatan akhir (30 menit)
·         menjawab pertanyaan tentang apa saja kegiatan sehari.
·         do’a pulang









crayon, gambar ayam dan itik dan angsa













Unjuk karya




Hasil karya





Guru Kelompok B





Format unjuk kerja

Nama Anak                             :
Kelompok                               : B
Indikator                                 : Menghubungkan / memasangkan lambang bilangan dengan benda sampai 20 (K  42)
Semester / tahun ajaran           : I tahun 2011 - 2012
No
Tanggal
Kegiatan pembelajaran
Aspek yang di nilai
Hasil unjuk kerja anak










Nama Anak                             :
Kelompok                               : B
Indikator                                 : Menghubungkan  tulisan ayam dengan  gambar ayam, tulisan  itik dengan gambar  itik (K 32)
Semester / tahun ajaran           : I tahun 2011 - 2012
No
Tanggal
Kegiatan pembelajaran
Aspek yang di nilai
Hasil unjuk kerja anak












Nama Anak                             :
Kelompok                               : B
Indikator                                 : Meniru membuat garis tegak, datar  miring, lingkaran pada gambar  ayam  (F  29)

Semester / tahun ajaran           : I tahun 2011 - 2012
No
Tanggal
Kegiatan pembelajaran
Aspek yang di nilai
Hasil unjuk kerja anak










Format hasil karya

Nama Anak                             :
Kelompok                               : B
Indikator                                 : Membuat gambar angsa dari kardus  (F  35)
Semester / tahun ajaran           : I / tahun 2011 - 2012
No
Tanggal
Kegiatan pembelajaran
Aspek yang di nilai
Hasil karya












1 komentar:

  1. Sangat membantu dalam perencanaan Pembelajaran terkhusus anak TK....terima kasih dan semoga lebih ditingkatkan lagi penyusunan ini

    BalasHapus