Rencana Kegiatan Pembelajaran
Kelompok : B
Semester : 1/13
Tema / sub :Binatang / Unggas
Hari /tanggal : rabu
Waktu : 07.30 – 10.00
Indikator
· Melaksanakan ibadah sesuai dengan keyakinannya . (nam 9)
· Berbicara dengan sopan (nam 11)
· Menggunakan dan dapat menjawab apa, di mana, berapa, tentang unggas. (bahasa 7)
· Menyebutkan dan menceritakan perbedaan ayam dan itik (K 3)
· Mengendalikan emosi dengan cara yang wajar (S 8)
· Merayap dan merangkak dengan berbagai variasi (F 7)
Tujuan
· Menumbuhkansikap perilaku yang baik.
· Dengan bimbingan guru anak dapat berbicara dengan sopan.
· Dengan bimbingan guru anak dapat menjawab pertanyaan tentang ayam dan itik.
· Dengan bimbingan guru anak dapat menceritakan perbedaan ayam dan itik
· Dengan bimbingan guru anak dapat mengendalikan emosi dengan cara yang wajar
· Dengan bimbingan guru anak dapat merayap dan merangkak menirukan jalannya ayam.
Langkah – langkah
I. Kegiatan sebelum masuk.
· Anak yang datang berjabat tangan, dengan guru – guru dan teman – temannya sambil mengucapkan salam, lalu anak – anakmenyimpan tasnya di loker.
· Sebelum masuk anak – anak berbaris dulu
· Kegiatan awal, membaca do’a dan salam , kemudian guru bercakap – cakap tentang ayam dan itik (binatang unggas) yang di lanjutkan dengan menyanyi.
II. Kegiatan inti.
· Guru menjelaskan tugas yang akan di laksanakan oleh anak – anak kemudian di bagi 3 kelompok :
Kelompok I
- Anak duduk ditempat yang telah disediakan
- Satu persatu anak di beri gambar ayam
- Anak mewarnai gambar ayam dengan crayon
- Setelah selesai mewarnai anak di minta menceritakan hewan yang ada di gambar (ayam)
Kelompok II
- Anak duduk di tempat yang telah di sediakan.
- Satu persatu anak diberikan gambar itik
- Anak mewarnai gambar itik dengan crayon
- Setelah selesai mewarnai gambar itik anak di minta menceritakan hewan yang ada di dalam gambar (itik)
Kelompok III
- Anak duduk di tempat yang telah di sediakan
- guru memberi tugas merayap dan merangkak menirukan jalannya ayam
- merayap dan merangkak menirukan jalannya ayam dengan bimbingan guru.
- Setelah mengerjakan tugas yang diberikan guru , anak diminta menampilkan jalannya ayam didepan kelas dengan di ikuti oleh keman kelompok.
· Waktu pemilihan kelompok anak di beri kebebasan untuk memilih kelompoknya dengan membatasi jumlah anggota tiap kelompok.
· Anak diarahkan pada kegiatan yang di sukai, anak tidak harus menyelesaikan semua tugas yang di programkan guru, tetapi guru tetap memotivasi anak dengan dapat menyelesaikan semua tugas.
· Waktu menyelesaikan tugas dalam satu kelompok tidak di batasi dan dapat berpindah ke kelompok lain, asalkan ada tempat yang kosong.
· Guru menyimpulkan perbedaan ayam dan itik.
III. Istirahat (30 menit)
Anak – anak di ajak cuci tangan, berdoa sebelum makan kemudian bermain.
IV. Penutup (30 menit)
· Bercakap – cakap 3 kegiatan tadi dari awal sampai terakhir di teruskan dengan menyanyi .
· Kemudian do’a pulang dan berjabat tangan dengan guru.
Guru Kelompok B |
RENCANA KERJA HARIAN
Kelompok : B
Semester / minggu : 1/13
Tema / Subtema : binatang / unggas
Waktu : 07.00 – 10.00
INDIKATOR | KEGIATAN PEMBELAJARAN | ALAT SUMBER BELAJAR | PENILAIAN PERKEMBANGAN | |
ALAT TEKNIK | HASIL | |||
· Melaksanakan ibadah sesuai dengan keyakinannya . (nam 9) · Berbicara dengan sopan (nam 11) · Menggunakan dan dapat menjawab apa, di mana, berapa, tentang unggas. (bahasa 7) · Menyebutkan dan menceritakan perbedaan ayam dan itik (K 3) · Mengendalikan emosi dengan cara yang wajar (S 8) · Merayap dan merangkak dengan berbagai variasi (F 7) | Berbaris I. Kegiatan awal · Berdoa / salam · Absensi · bernyanyi II. Kegiatan inti. · Anak mewarnai gambar ayam dan itik dengan crayon · menceritakan perbedaan ayam dan itik · Pemberian tugas merayap dan merangkak menirukan jalannya ayam III. Istirahat (30 menit) cuci tangan, berdoa makan, bermain. IV. Kegiatan akhir (30 menit) · menjawab pertanyaan tentang apa saja kegiatan sehari. · do’a pulang | crayon, gambar ayam dan itik | Lembar observasi Unjuk karya Lembar observasi |
Guru Kelompok B |
Format Observasi
Nama Anak :
Kelompok : B
Indikator : Merayap dan merangkak dengan berbagai variasi (F 7)
Semester / tahun ajaran : I tahun 2011 - 2012
No | Tanggal | Kegiatan pembelajaran | Aspek yang di nilai | Hasil pengamatan | |||
merayap dan merangkak menirukan jalannya ayam | · Keberanian · Ekspresi |
Format unjuk kerja
Nama Anak :
Kelompok : B
Indikator : Menyebutkan dan menceritakan perbedaan ayam dan itik (K 3)
Semester / tahun ajaran : I tahun 2011 - 2012
No | Tanggal | Kegiatan pembelajaran | Aspek yang di nilai | Hasil unjuk kerja anak | |||
Rencana Kegiatan Pembelajaran
Kelompok : B
Semester : 1/13
Tema / sub :Binatang / Unggas
Hari /tanggal : sabtu
Waktu : 07.30 – 10.00
Indikator
· Menghormati perayaan hari besar agama lain (HAM 23)
· Menghubungkan / memasangkan lambang bilangan dengan benda sampai 20 (K 42)
· Menghubungkan tulisan ayam dengan gambar ayam, tulisan itik dengan gambar itik (K 32)
· Menghargai keunggulan teman / orang lain (S 29)
· Meniru membuat garis tegak, datar miring, lingkaran pada gambar ayam (F 29)
· Membuat gambar angsa dari kardus (F 35)
Tujuan
· Menumbuhkansikap perilaku yang baik.
· Dengan bimbingan guru anak dapat Menghubungkan / memasangkan lambang bilangan dengan benda sampai 20
· Dengan bimbingan guru anak dapat Menghubungkan tulisan ayam dengan gambar ayam, tulisan itik dengan gambar itik.
· Dengan bimbingan guru anak dapat Menghargai keunggulan teman / orang lain
· Dengan bimbingan guru anak dapat Meniru membuat garis tegak, datar miring, lingkaran pada gambar ayam
· Dengan bimbingan guru anak dapat Membuat gambar angsa dari kardus
Langkah – langkah
I. Kegiatan sebelum masuk.
· Anak yang datang berjabat tangan, dengan guru – guru dan teman – temannya sambil mengucapkan salam, lalu anak – anakmenyimpan tasnya di loker.
· Sebelum masuk anak – anak berbaris dulu
· Kegiatan awal, membaca do’a dan salam , kemudian guru bercakap – cakap tentangmateri pelajaran yang akan diajarkan.
II. Kegiatan inti.
· Guru menjelaskan tugas yang akan di laksanakan oleh anak – anak kemudian di bagi 4 kelompok :
Kelompok I
- Anak duduk ditempat yang telah disediakan
- Guru memberikan tugas Menghubungkan / memasangkan lambang bilangan dengan benda sampai 20
Kelompok II
- Anak duduk di tempat yang telah di sediakan.
- Guru memberikan tugas Menghubungkan tulisan ayam dengan gambar ayam, tulisan itik dengan gambar itik
Kelompok III
- Anak duduk di tempat yang telah di sediakan
- guru memberikan tugas Meniru membuat garis tegak, datar miring, lingkaran pada gambar ayam
Kelompok IV
- Anak duduk di tempat yang telah disediakan
- Guru memberikan tugas Membuat gambar angsa dari kardus
· Waktu pemilihan kelompok anak di beri kebebasan untuk memilih kelompoknya dengan membatasi jumlah anggota tiap kelompok.
· Anak diarahkan pada kegiatan yang di sukai, anak tidak harus menyelesaikan semua tugas yang di programkan guru, tetapi guru tetap memotivasi anak dengan dapat menyelesaikan semua tugas.
· Waktu menyelesaikan tugas dalam satu kelompok tidak di batasi dan dapat berpindah ke kelompok lain, asalkan ada tempat yang kosong.
III. Istirahat (30 menit)
Anak – anak di ajak cuci tangan, berdoa sebelum makan kemudian bermain.
IV. Penutup (30 menit)
· Bercakap – cakap 4 kegiatan tadi dari awal sampai terakhir di teruskan dengan menyanyi .
· Kemudian do’a pulang dan berjabat tangan dengan guru.
Guru Kelompok B |
RENCANA KERJA HARIAN
Kelompok : B
Semester / minggu : 1/13
Tema / Subtema : binatang / unggas
Hari / Tanggal : senin
Waktu : 07.00 – 10.00
INDIKATOR | KEGIATAN PEMBELAJARAN | ALAT SUMBER BELAJAR | PENILAIAN PERKEMBANGAN | |
ALAT TEKNIK | HASIL | |||
· Menghormati perayaan hari besar agama lain (HAM 23) · Menghubungkan / memasangkan lambang bilangan dengan benda sampai 20 (K 42) · Menghubungkan tulisan ayam dengan gambar ayam, tulisan itik dengan gambar itik (K 32) · Menghargai keunggulan teman / orang lain (S 29) · Meniru membuat garis tegak, datar miring, lingkaran pada gambar ayam (F 29) · Membuat gambar angsa dari kardus (F 35) | Berbaris I. Kegiatan awal · Berdoa / salam · Absensi · bernyanyi II. Kegiatan inti. · Pemberian tugas Menghubungkan / memasangkan lambang bilangan dengan benda sampai 20 · Pemberian tugas Menghubungkan tulisan ayam dengan gambar ayam, tulisan itik dengan gambar itik · Pemberian tugas Meniru membuat garis tegak, datar miring, lingkaran pada gambar ayam · Pemberian tugas Membuat gambar angsa dari kardus III. Istirahat (30 menit) cuci tangan, berdoa makan, bermain. IV. Kegiatan akhir (30 menit) · menjawab pertanyaan tentang apa saja kegiatan sehari. · do’a pulang | crayon, gambar ayam dan itik dan angsa | Unjuk karya Hasil karya |
Guru Kelompok B |
Format unjuk kerja
Nama Anak :
Kelompok : B
Indikator : Menghubungkan / memasangkan lambang bilangan dengan benda sampai 20 (K 42)
Semester / tahun ajaran : I tahun 2011 - 2012
No | Tanggal | Kegiatan pembelajaran | Aspek yang di nilai | Hasil unjuk kerja anak | |||
Nama Anak :
Kelompok : B
Indikator : Menghubungkan tulisan ayam dengan gambar ayam, tulisan itik dengan gambar itik (K 32)
Semester / tahun ajaran : I tahun 2011 - 2012
No | Tanggal | Kegiatan pembelajaran | Aspek yang di nilai | Hasil unjuk kerja anak | |||
Nama Anak :
Kelompok : B
Indikator : Meniru membuat garis tegak, datar miring, lingkaran pada gambar ayam (F 29)
Semester / tahun ajaran : I tahun 2011 - 2012
No | Tanggal | Kegiatan pembelajaran | Aspek yang di nilai | Hasil unjuk kerja anak | |||
Format hasil karya
Nama Anak :
Kelompok : B
Indikator : Membuat gambar angsa dari kardus (F 35)
Semester / tahun ajaran : I / tahun 2011 - 2012
No | Tanggal | Kegiatan pembelajaran | Aspek yang di nilai | Hasil karya | |||
Sangat membantu dalam perencanaan Pembelajaran terkhusus anak TK....terima kasih dan semoga lebih ditingkatkan lagi penyusunan ini
BalasHapus