Tolong Klik

Kamis, 05 Agustus 2010







 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


SEKOLAH                              : SLB
KELAS /SEMESTER              : IV/ 1
MATA PELAJARAN              : Bahasa Indonesia
ALOKASI WAKTU               : 2 X 35 Menit

STANDAR KOMPETENSI    :
            Menampilkan bacaan dan surat untuk teman
I.             KOMPETENSI DASAR
Melengkapi pada bagian awal, tengah, atau akhir cerita yang hilang (rumpang) dengan kata atau kalimat yang tepat sehingga menjadi cerita yang padu.
I.             INDIKATOR
1)      Menulis cerita sederhana secara runtut
2)      Melengkapi cerita pendek dengan ejaan yang tepat.
II.          TUJUAN
1)      Siswa dapat menuliskan kata yang hilang (rumpang) pada cerita sederhana.
2)      Dapat mendemonstrasikan cerita singkat.
III.       METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
1)      Model Pembelajaran
a.       Pembelajaran Langsung
b.       Demonstrasi
2)      Metode Pembelajaran
a.       Ceramah
b.      Tugas
IV.        BAHAN AJAR
Melengkapi cerita rumpang
V.   LANGKAH PEMBELAJARAN
1.   Kegiatan Awal (15 menit)
a)      Guru memberi salam dan berdo’a bersama
b)      (Apersepsi) Guru bertanya kepada siswa tentang aktivitas siswa menulis cerita.

2.   Kegiatan Inti
(Pertemuan pertama 40 menit)
1)      Guru mengkondisikan siswa, karena kegiatan pertama adalah memberikan penjelasan tentang kegiatan menulis.
2)      Menjelaskan dan memberikan contoh manfaat atau keuntungan menulis.
3)      Guru menunjukkan video pembelajaran berdurasi pendek.
4)      Guru menuliskan cerita sederhana berdasarkan video yang baru saja diputar.
5)      Melesapkan beberapa kata secara random, termasuk kata-kata yang dapat di serap oleh anak.
6)      Meminta siswa untuk membacakan.
7)      Meminta salah satu siswa untuk menulis atau melengkapi kembali cerita yang sudah rumpang.
8)      Guru bertanya jawab kepada siswa tentang kegiatan yang baru saja ditunjukkan.
9)      Guru memberikan tes cloze kepada siswa
10)  Siswa mengisi soal cerita rumpang

(Pertemuan ke dua 40 menit)
1)      Bertanya jawab tentang kegiatan belajar melengkapi cerita rumpang pertemuan sebelumnya.
2)      Guru menunjukkan video pembelajaran berdurasi pendek.
3)      Guru menuliskan cerita di papan tulis berdasarkan video.
4)      Guru menghilangkan beberapa kata pada cerita yang ditulis pada papan tulis, meliputi kata benda, sifat, dan kata kerja.
5)      Meminta beberapa siswa untuk melengkapi cerita di papan tulis.
6)      Memberi reward kepada siswa yang dapat melengkapi dengan benar.
7)      Guru menilai aktivitas siswa.
8)      Memberikan tes cloze kepada siswa.

(Pertemuan ke tiga 40 menit)
1)      Guru bertanya jawab kepada siswa tentang kegiatan pembelajaran sebelumnya.
2)      Guru menunjukkan video pembelajaran berdurasi pendek.
3)      Guru menuliskan cerita berdasarkan video pembelajaran..
4)      Guru menghilangkan beberapa kata secara ajeg berdasarkan rumus kata ke-n.
5)      Beberapa siswa diminta melengkapi cerita rumpang.
6)      Guru memberikan reward kepada siswa yang dapat melengkapi secara tepat.
7)      Memberikan tes cloze dengan rumus ke-n.
8)      Evaluasi.
3.   Kegiatan Penutup (15 menit)
a)      Guru memberikan kesimpulkan dari hasil belajar yang baru saja dilaksanakan.
b)      Mengajak semua siswa berdo’a untuk mengakhiri pelajaran
VI.   ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1.      SKKD 2006
2.      Buku Paket BSE kelas IV
3.      Video Pembelajaran berdurasi pendek
4.      Cerita pendek berdasarkan video pembelajaran

VII.   PENILAIAN HASIL BELAJAR
1.    PENILAIAN
a.       Penilaian Proses
b.      Penilaian Tes tulis






NAMA SEKOLAH                  : SLB
MATA PELAJARAN              : Bahasa Indonesia
KELAS/ SEMESTER               : IV/1
STANDAR KOMPETENSI      :  Menampilkan bacaan dan surat untuk teman
Kompetensi Dasar
Materi pokok
Pelaksanaan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Alat/ bahan
Teknik
Bentuk
instrumen
Contoh instrumen
Melengkapi pada bagian awal, tengah, atau akhir cerita yang hilang (rumpang) dengan kata atau kalimat yang tepat sehingga menjadi cerita yang padu.
Melengkapi cerita rumpang

1)    Guru menuliskan cerita sederhana dari buku cerita di papan tulis.

2)     Guru menghilangkan beberapa kata pada cerita

3)     Meminta salah satu siswa untuk menulis atau melengkapi kembali cerita yang sudah rumpang
1.  Menulis cerita sederhana secara runtut


2. Melengkapi cerita pendek dengan ejaan yang tepat.

1.  Tes Lisan


2.  Demonstrasi


3.  Tes Tertulis
1.    Daftar Pertanyaan
2.    Tes cloze
3.    Video
Terlampir
3 x pertemuan
(2x35 menit)
1. SKKD 2006
2. Buku Paket BSE kelas IV
3. Cerita pendek
4. Video pembelajaran


1 komentar: